Perbedaan Antara Novel dan Cerpen secara Umum ~ Download Tips Trik Gratis : Oke Reload™

Perbedaan Antara Novel dan Cerpen secara Umum

Download Film, Game PC, Lagu MP3 Indonesia dan Malaysia Jadul dan Terbaru , Software Full Version, Tips dan Trik Gratis

Perbedaan Antara Novel dan Cerpen secara Umum

Perbedaan antara Novel dan Cerpen - Novel dan cerpen termasuk karya sastra baru sama seperti drama yang  memiliki perbedaan dan juga persamaan. Ada pun persamaan antara novel dan cerpen adalah sama-sama berupa karangan fiksi (cerita rekaan atau imajinasi pengarang) dan non-fiksi (kisah yang ditulis atau diambil oleh pengarang dari kehidupan nyata). Sementara itu, perbedaan antara novel dan cerpen secara umum adalah sebagai berikut.

Perbedaan Antara Novel dan Cerpen

1. Plot

Plot adalah alur/rangkaian cerita dari awal sampai akhir. Perbedaan antara novel dan cerpen dalam masalah plot ini adalah plot novel terdiri dari lebih banyak plot, yaitu : plot utama dan plot tambahan (sub-plot). Plot  utama berupa konflik utama, sedangkan plot tambahan berupa konflik tambahan. Sementara itu. plot cerpen hanya terdiri dari satu plot.

2. Tema

Tema adalah topik suatu yang terdapat pada suatu cerita. Perbedaan antara tema novel dan cerpen adalah tema novel terdiri dari tema utama (tema sentral) dan tema tambahan (sub-tema), sedangkan tema cerpen hanya terdiri dari satu tema saja (tema utama).

3. Penokohan

Perbedaan antara cerpen dan novel juga terjadi pada penokohan, yaitu : novel memiliki tokoh-tokoh yang lebih mengesankan karena tokoh-tokoh novel biasanya ditampilkan secara lebih lengkap seperti : ciri-ciri fisik, keadaan sosial, tingkah-laku, sifat dan kebiasaan. Sementara itu, cerpen memiliki tokoh-tokoh yang terbatas dibandingkan dengan novel (khususnya perwatakan) sehingga pembaca harus merekonstruksi sendiri gambaran yang lebih lengkap tentang karakter tokoh tersebut.

Demikian ulasan singkat tentang Perbedaan antara Novel dan Cerpen yang bisa diposting kali ini. Semoga bermanfaat bagi kawan-kawan yang memerlukannya.
4 komentar

makasih yah buat infonya :)

Sama-sama. Jika tulisannya tidak jelas, silakan gunakan trik tekan tombol CNTRL+A agar tulisannya terlihat jelas. Terima kasih !

4 Komentar untuk "Perbedaan Antara Novel dan Cerpen secara Umum"

Aturan Berkomentar di Blog Ini:

1. Gunakan anonim bila tidak punya akun Google atau blog dan tidak ingin diketahui orang siapa Anda.

2. Gunakan akun Google atau nama dan url blog atau open id jika ingin mendapatkan kunjungan balik.

Back To Top