Tips Sederhana Agar HP Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak ~ Download Tips Trik Gratis : Oke Reload™

Tips Sederhana Agar HP Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak

Download Film, Game PC, Lagu MP3 Indonesia dan Malaysia Jadul dan Terbaru , Software Full Version, Tips dan Trik Gratis

Tips Sederhana Agar HP Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat HP ™

Tips Sederhana Agar HP Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak

Sekarang HP sudah menjadi barang lumrah alias bukan mewah lagi bagi masyarakat dan termasuk barang yang sangat dibutuhkan oleh hampir semua orang. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah harga HP yang murah-meriah dan berfungsi sebagai alat komunikasi jarak jauh dan terbukti memiliki dampak positif dalam menunjang pekerjaan manusia. Dengan adanya HP orang bisa tetap menjalin hubungan antar-sesama manusia saat tak bisa bertemu secara langsung karena kendala jarak yang jauh. Dengan kata lain, bisa dikatakan HP sudah menjadi barang kebutuhan pokok bagi hampir tiap manusia modern zaman sekarang.

Saat seseorang memiliki HP maka dia akan lebih mudah mengetahui informasi baru yang diberitahukan oleh orang lain kepadanya atau dia sendiri yang ingin mencari berita terbaru tentang sesuatu baik lewat sms maupun telepon. Tentunya hal tersebut bisa berjalan lancar ketika HP seseorang itu berfungsi dengan baik alias tidak rusak dalam segala hal. Oleh sebab itu, setiap pengguna HP diharapkan atau harus tahu betul tentang bagaimana caranya agar HP-nya tidak mudah rusak. Mengenai hal ini, saya mau berbagi tips sederhana tapi berguna untuk menjaga HP tetap awet atau tahan lama dan tidak cepat rusak. Silakan simak baik-baik tipsnya berikut ini:

Jangan Terlalu Sering Bermain Game di HP.
Bermain game adalah kegiatan yang sangat mengasyikkan bagi seseorang karena bisa menghibur orang yang bermain game tersebut termasuk bermain game di HP. Namun, alangkah baiknya tidak terlalu sering memainkan game HP sebab bisa membuat keypad/tombol pada HP cepat rusak. Bila hal itu terjadi dan tidak segera diperbaiki akan mengganggu kinerja atau fungsi HP seperti susah untuk mengetik pesan atau tombol navigasi tidak berfungsi lagi.

Jangan Suka Membunyikan Musik di HP Sampai Tingkat Maksimal.
Hal lain yang sering dilakukan oleh pengguna HP adalah suka membunyikan atau memutar musik di HP dengan volume maksimal. Biasanya perilaku ini dilakukan oleh para penggila musik. Ada baiknya mulai sekarang hal tersebut dikurangi dan kalau bisa dihentikan sebab bisa membuat speaker cepat rusak.

Matikan Fitur Getar bila Sudah Mengaktifkan Fitur Dering.
Ada sebagian pengguna HP yang suka mengaktifkan fitur getar padahal fitur dering sudah aktif. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui ada pesan atau panggilan masuk khususnya bagi orang yang memiliki pendengaran kurang baik atau saat ada di tempat keramaian yang bising. Nah, jika tidak mendesak ada baiknya fitur getar tersbut dinonaktifkan saja karena fitur getar yang menyertai dering dapat menguras baterai HP.

Instal atau Pasang Aplikasi HP Seperlunya Saja.
Rata-rata HP berbasih android, java, symbian, dan lain-lain sudah dilengkapi aplikasi sesuai tipe dan merk HP yang diluncurkan ke pasaran. Biasanya aplikasi yang sudah dipasang oleh produsen HP sejak awal pembuatannya dengan sistem tersebut di atas berupa fitur multimedia misalnya pemutar musik MP3, video, radio, dan lain-lain atau situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter atau browser pendukung seperti Opera Mini dan Bolt Browser. Sayangnya, terkadang semua fitur yang sudah disediakan oleh pembuat HP tersbut tidak sesuai dengan keinginan atau tidak bisa digunakan oleh pengguna HP. Akibatnya para pengguna HP akan menginstal aplikasi tambahan yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Hal tersebut sah-sah saja dilakukan asal tidak berlebihan karena jika menginstal/memasang aplikasi/program secara tidak wajar bisa membuat loading HP menjadi lambat karena kapasitas memori yang berkurang. Lama-kelamaan HP bisa rusak.

Hindari Terlalu Sering Gonta-Ganti Kartu SIM di HP
Kebanyakan HP yang dibuat oleh produsen HP asal Cina atau lokal/Indonesia memiliki dua kartu atau istilahnya dual SIM baik dual SIM GSM-GSM atau CDMA-GSM. Bahkan ada HP dengan tiga dan empat kartu aktif secara bersamaan. Dibuatnya HP jenis ini bertujuan agar pengguna HP tidak perlu lagi bongka-pasang kartu SIM di mana hal itu bisa merusak kartu SIM itu sendiri dan juga tempat memasang kartu SIM di HP (SIM card reader). Akibatnya adalah kartu SIM bisa tidak terbaca saat dipasang atau kemampuan menangkap sinyal menjadi lemah.

Gunakan Anti-Gores pada Layar dan Kamera HP.
Tujuan penggunaan anti-gores adalah agar layar dan kamera HP terlindung dari sesuatu yang bisa merusak bagian kedua komponen tersbut. Apalagi jika harga dan HP kita baru tentu kita tidak ingin ada bagian HP yang mengalami masalah seperti tergores pada bagian tertentu seperti layar dan kamera HP.

Sebaiknya Matikan HP Saat Berada di Tempat Tanpa Sinyal.
Pada saat-saat atau daerah tertentu terkadang sangat susah untuk mendapatkan sinyal HP atau tidak ada sinyal sama sekali karena daya pancar sinyal dari pemancar operator seluler yang lemah atau sedang mengalami gangguan. Jika kita berada di tempat seperti itu, kita dianjurkan untuk segera menonaktifkan HP kita karena akan membuat kinerja HP menjadi berlipat ganda untuk mencari sinyal. Hal itu akan membuat penggunaan baterai menjadi berlipat ganda juga alias boros dan akhirnya akan membuat baterai cepat kosong.

Dilarang Menggunakan HP Ketika Sedang dalam Proses Pengisian Baterai (Charging Battery).
Sudah bukan rahasia lagi jika para pengguna HP yang keranjingan situs jejaring sosial Facebook akan online dalam jangka waktu yang lama sehingga membuat isi baterai HP habis atau kosong. Biasanya mereka akan segera mengisi baterai HP dan melanjutkan aktivitas mereka itu lagi dalam keadaan charging battery. Ternyata hal tersebut sangat tidak baik bagi HP karena bisa membuat baterai sangat panas dan HP pun juga ikut panas. Nanti akan membuat baterai bengkak/menggelembung. Jika hal itu terjadi baterai akan drop/tidak tahan lama saat dipakai dan jika baterai drop dipaksakan dipakai terus-menerus akan membuat komponen HP khususnya komponen charging baterai HP menjadi terganggu atau error.

Nah, itulah beberapa tips sederhana dan mudah dikerjakan untuk menjaga daya tahan HP supaya tetap awet atau tahan lama. Semoga artikel ini bermanfaat dan sobat yang membaca artikel ini bisa paham dan bisa mengikuti cara-cara tersebut di atas.
Tag : Tips HP
2 komentar

apa itu berlaku untuk ponsel touchscreen juga gan......

Tentu saja sebab HP jenis itulah yang mesti mendapat perawatan sungguh-sungguh sebab mudah rusak.

2 Komentar untuk "Tips Sederhana Agar HP Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak"

Aturan Berkomentar di Blog Ini:

1. Gunakan anonim bila tidak punya akun Google atau blog dan tidak ingin diketahui orang siapa Anda.

2. Gunakan akun Google atau nama dan url blog atau open id jika ingin mendapatkan kunjungan balik.

Back To Top