Cara Singkat dan Mudah Memasang Breadcrumb di Blog ~ Download Tips Trik Gratis : Oke Reload™

Cara Singkat dan Mudah Memasang Breadcrumb di Blog

Download Film, Game PC, Lagu MP3 Indonesia dan Malaysia Jadul dan Terbaru , Software Full Version, Tips dan Trik Gratis

Cara Singkat dan Mudah Memasang Breadcrumb di Blog

Cara Singkat dan Mudah Memasang Breadcumb di Blog


Dari hari ke hari semakin banyak saja fitur-fitur unggulan yang bisa digunakan untuk menghiasi blog kita khususnya blog dengan platform Blogger. Salah dari fitur-fitur tersebut satunya breadcrumb. Apa itu breadcrumb? adalah navigasi atau penunjuk arah url atau alamat dari suatu artikel atau postingan yang terdapat pada suatu blog. Fungsinya adalah memudahkan pengunjung mengetahui letak suatu artikel sehingga pengunjung bisa mencari artikel yang ingin mereka baca dengan cepat. Selain itu, breadcrumb juga memudahkan mesin pencari Google untuk mengindeks suatu artikel pada suatu blog. Semakin cepat suatu artikel diindeks, maka semakin cepat pula artikel tersebut muncul di halaman pencarian Google termasuk di halaman utama Google. 

Tidak jauh beda dengan penunjuk arah jalan di dunia nyata, breadcrumb juga menggunakan tanda berupa tanda panah tapi tanda panahnya hanya satu, yaitu tanda panah ke kanan contohnya >> dan biasanya formatnya adalah sebagai berikut:  

Beranda>>Label>>Judul Artikel atau Beranda>>Label 1>>Label 2>>Judul Postingan.

Langsung saja saya beri tahu cara sangat mudah memasang breadcrumb di blog khusus bagi sobat yang belum memasangnya. Silakan disimak dengan baik caranya berikut ini:

Silakan login ke akun Blogger sobat masing-masing.
Silakan klik tulisan Template dan kemudian klik Edit HTML. Lalu, cari kode dan bila sudah menemukan kodenya, silakan letakkan kode di bawah ini tepat kode tersebut:

.breadcrumbs {
        padding:5px 5px 5px 0;
        margin: 0 0 5px;
        font-size:11px;
font-family: Georgia;
        line-height: 1.4em;
        border-bottom:5px double #FF0000;
       }

Setelah selesai melakukan langkah di atas, silakan sobat cari lagi kode: 

<b:includable id='post' var='post'>
<div class='post hentry'>
<a expr:name='data:post.id'/>

 dan silakan letakkan kode berikut ini kode tersebut:

<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<b:else/> 
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div class='breadcrumbs'><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Beranda</a> &#187; <b:if cond='data:post.labels'><b:loop values='data:post.labels' var='label'> 
<a expr:href='data:label.url' rel='tag'><data:label.name/></a><b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'> &#187; </b:if> 
</b:loop> 
</b:if> &#187; <data:post.title/> 
</div>
</b:if>
</b:if>

Setelah itu, silakan klik tulisan Simpan atau Saved. Akhirnya, blog sobat sudah memiliki breadcrumb bila langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar. Dengan memasang breadcrumb maka blog kita akan disukai dan mendapat nilai lebih dari sistem mesin pencarian Google atau istilahnya SEO friendly dan tentu saja juga bisa menambah keindahan tampilan blog kita. Berdasarkan pada blog saya ini, biasanya suatu artikel yang saya posting di blog ini minimal 12 jam sudah ada muncul artikelnya di halaman utama Google di mana hal itu tidak pernah terjadi sebelum memakai breadcrumb. Berikut ini salah satu contoh artikel saya yang terindeks oleh Google kurang lebih 12 jam setelah saya posting dan berada di halaman utama mesin pencarian Google:

Artikel dengan Navigasi Breadcumb yang Diindeks oleh Google


Akan tetapi, bisa juga kurang dari waktu itu jika blog sobat yang memakai breadcrumb nanti mempunyai Google page rank dan Alexa rank yang tinggi serta template yang memiliki nilai SEO bagus. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
8 komentar

Kunjungan balik, saya mau tanya gan. Breadcrumb di blog saya kan bawaan template yang saya unduh. Tapi di SERP navigasi breadcrumbnya tidak muncul.
Apa harus ganti yaa -_- ???

#NB: Lagunya penuh kenangan jadi betah di sini :D

Breadcrumb memang sangat penting utk sebuah blog ya mas..
Dan tutorial di atas sgt berguna..buat yg ingin memasabg nya...
#salam :)

Begini, gan. Saya perhatikan di tiap postingan agan breadcrumnya ada tapi gaya breadcrumbnya beda dari punya saya. Maksud saya breadcrumb agan lebih keren. Akan tetapi, menurut para master blog mesin pencari atau di SERP lebih familiar dengan breadcrumb yang sederhana dan memakai tanda >> atau > sehingga akan muncul breadcrumbnya. Saya tidak berani mengatakan apa yang harus diganti sebab template agan sudah dari awal ada breadcrumbnya sebab kemungkinan susunan templatenya akan kacau bila diganti. Jika breadcrumbnya hasil pasang manual alias belum dari awal ada breadcrumbnya, saya berani meminta agan mengganti bagian mana yang perlu diganti. Saran saya: Agan bisa mencari info ke www.maskolis.com atau www.kompiajaib.com atau blog.kangismet.net atau buka-rahasia.blogspot.com atau trikmudahseo.blogspot.com untuk lebih jelas karena saya belajar dari mereka dan mereka lebih master dari saya.

Benar, sobat. Penting sebab memudahkan pengunjung dan mesin pencari mengindeks suatu artikel di blog kita. Saya sudah membuktikannya di mana artikel yang saya posting di blog ini minimal 12 jam sudah ada di halaman depan Google. Itu menurut saya masih cukup lama waktu indeks Google sebab blog saya ini tidak SEO friendly, tidak ada Google page rank, dan Alexa rank masih belum bagus. Kalau blog SEO friendly bisa dalam hitungan menit sudah muncul di Google search engine. Mas, bisa membaca artikel tentang breadcrumb yang cepat terindeks Google di www.kompiajaib.com atau www.impoint.blogspot.com di mana pemilik blognya jadi guru saya yang lainnya dalam dunia blog.

Nice shared, Sob, thanks....dan lam kenal aja dech!

Terima kasih saya sampaikan kepada kang Sun yang sudah sudi berkunjung ke sini.

Oke gan, terima kasih masukannya. Maaf baru nongol lagi, ngga ada koneksi nih ..hehehe
Saya sudah sering membaca tutorial di blog-blog yang agan saranin, dan saya rasa mereka lebih mengedepankan SEO, sementara template ane donlod dari mas Rohman admin www.dte.web.id yang notabene memang ahli merakit code artisitik dari pada pengoptimalan SERP.
Tapi, saya beranikan diri aja untuk mengedit agar bisa unjuk gigi juga di halaman awal google sesuai kata kunci yang saya targetkan.

Memang sangat sulit menggabungkan seni dan SEO dalam dunia blog karena seni dan SEO beda sudut pandang. Seni dalam blog identik dengan tampilan yang terkesan mencolok baik berupa warna teks, background, widget atau aplikasi tambahan yang menghiasi blog, sedangkan teknik SEO lebih suka kesederhanaan dengan tampilan apa adanya atau secukupnya seperti halnya tampilan mbah Google alias tidak suka yang muluk-muluk. Saya juga termasuk blogger yang menganut faham artistik dan kurang peduli dengan SEO tapi sedikit demi sedikit saya mencoba menyeimbangkan antara seni dan SEO. Hahahaha !!!!

8 Komentar untuk "Cara Singkat dan Mudah Memasang Breadcrumb di Blog"

Aturan Berkomentar di Blog Ini:

1. Gunakan anonim bila tidak punya akun Google atau blog dan tidak ingin diketahui orang siapa Anda.

2. Gunakan akun Google atau nama dan url blog atau open id jika ingin mendapatkan kunjungan balik.

Back To Top