Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Pekerjaan ~ Download Tips Trik Gratis : Oke Reload™

Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Download Film, Game PC, Lagu MP3 Indonesia dan Malaysia Jadul dan Terbaru , Software Full Version, Tips dan Trik Gratis

Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Surat Lamaran Pekerjaan™

Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Orang yang ingin bekerja di suatu perusahaan atau lembaga biasanya akan diminta membuat surat lamaran pekerjaan. Apa yang dimaksud dengan surat lamaran pekerjaan? Surat lamaran pekerjaan adalah suatu surat yang dibuat oleh pencari kerja berisi permohonan untuk memperoleh suatu pekerjaan dan ditujukan kepada suatu tempat penyedia lapangan kerja.

Surat lamaran pekerjaan merupakan syarat pertama bagi seseorang yang ingin mendapatkan pekerjaan di suatu tempat penyedia lowongan kerja. Oleh sebab itu, sebelum membuat surat lamaran kerja sebaiknya orang yang ingin bekerja itu mengetahui betul bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik. Berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh para pencari kerja dalam membuat surat lamaran pekerjaan:

1. Tuliskan data diri pelamar kerja seperti nama asli/lengkap, tempat dan tanggal lahir, agama, jenis kelamin, status atau jabatan, dan alamat lengkap dan jelas.

2. Tuliskan riwayat pendidikan mulai dari riwayat awal sampai riwayat akhir pendidikan.
Riwayat pendidikan bisa dibuktikan dengan adanya ijazah.

3. Tuliskan kemampuan atau bakat atau keterampilan diri. 
Ini Bisa dipertegas dengan adanya pengakuan dari pihak lain berupa sertifikat atau surat penghargaan.

4. Tuliskan pengalaman kerja bila pernah bekerja.

5. Tuliskan lampiran surat lamaran kerja seperti fotokopi ijazah, fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk), SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), kartu kuning dari Depnaker (Departemen Tenaga Kerja), dan daftar riwayat hidup serta foto. Jumlah lampiran ini biasanya menyesuaikan permintaan alias tergantung dari pihak penyedia lapangan pekerjaan. Jadi, bisa saja beberapa lampiran tersebut di atas ada yang tidak perlu diikutsertakan.

6. Gunakan bahasa yang baik dan benar.
Bahasa yang baik dan benar adalah bahasa yang sesuai kaidah tata bahasa baku atau resmi dan penuh sopan santun. Hal ini penting sebab kesan pertama tentang diri pelamar kerja bisa diketahui dari bahasa tulisan pelamar kerja tersebut.

7. Sebaiknya isi surat lamaran pekerjaan diketik karena akan terlihat lebih rapi dan jelas tetapi jika harus ditulis secara manual sebaiknya surat tersebut ditulis dengan rapi karena ini bisa mempengaruhi penilaian terhadap pelamar kerja.

Selain hal tersebut di atas, pelamar kerja juga harus memperhatikan sumber lowongan kerja agar dapat menentukan pilihan pekerjaan apa yang diinginkan. Biasanyan sumber lowongan kerja bisa berasal dari iklan di media massa atau media elekteronik seperti TV, radio, surat kabar, dan majalah, informasi dari teman dan kerabat, dan penyedia lapangan pekerjaan kerja itu sendiri. Berikut ini salah satu contoh lowongan pekerjaan dari perusahaan batu bara yang dimuat oleh media massa Metro Palembang:


Format pembuatan surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan yang dimuat oleh media massa tersebut di atas bisa ditulis seperti contoh di bawah ini:

Jakarta, 22 Agustus 2013
Perihal : Permohonan Pekerjaan
Lampiran : Lima Lembar

Yang Terhormat
Pimpinan Perusahaan PT. Sinarbaru Wijayaperkasa
di Tempat

Dengan Hormat,
        Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dimuat oleh Metro Palembang pada tanggal 20 Agustus 2013 bahwa perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan beberapa karyawan untuk mengisi jabatan sebagai:
1. Kepala Akuntansi Perpajakan
2. Kepala Akuntansi Keuangan
3. Staff Akuntansi Perpajakan
4. Staff Akuntansi Keuangan
5. Office Boy

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, mengajukan permohonan pekerjaan untuk mengisi salah satu posisi tersebut, yaitu: Kepala Akuntansi Perpajakan pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

         Adapun data diri saya adalah sebagai berikut:
Nama                        : Indra Sukma
Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 17 Agustus 1987
Pendidikan                 : S1 Ekonomi Akuntansi
Alamat                       : Jl. Letjen S. Parman, No. 5, Palmerah, Jakarta Barat, Indonesia

         Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu bersama ini saya lampirkan:
1. Satu lembar fotokopi ijazah.
2. Satu lembar surat keterangan pengalaman kerja.
3. Sertifikat komputer.
4. Fotokopi KTP.
5. Foto.

      Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya sampaikan dengan harapan mendapat perhatian dan pertimbangan dari Bapak/Ibu pimpinan. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

                                                                                                             Hormat saya,

                                                                                                             Indra Sukma


Catatan:
Sebelum membuat surat lamaran pekerjaan berdasarkan informasi atau iklan dari media massa sebaiknya pelamar kerja memperhatikan tanggal atau masa berlaku iklan lowongan kerja tersebut dan juga syarat-syarat serta jenis pekerjaan yang diperlukan oleh penyedia lowongan kerja supaya tidak terlambat untuk mengirimkan surat lamaran kerja. Selain itu, tulis dengan jelas pekerjaan yang diinginkan supaya tidak membingungkan. Dengan begitu, ada harapan besar untuk diterima sebagai karyawan atau karyawati.

2 komentar

Sip ini bang contoh Surat lamaran Pekerjaannya..heee.

Saya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada mas Icah yang sudah sudi berkunjung balik ke sini. Salam sukses.

2 Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Pekerjaan"

Aturan Berkomentar di Blog Ini:

1. Gunakan anonim bila tidak punya akun Google atau blog dan tidak ingin diketahui orang siapa Anda.

2. Gunakan akun Google atau nama dan url blog atau open id jika ingin mendapatkan kunjungan balik.

Back To Top