Cara Mudah Menggunakan Google Drive ~ Download Tips Trik Gratis : Oke Reload™

Cara Mudah Menggunakan Google Drive

Download Film, Game PC, Lagu MP3 Indonesia dan Malaysia Jadul dan Terbaru , Software Full Version, Tips dan Trik Gratis

Cara Mudah Menggunakan Google Drive

Google Drive®

Cara Mudah Menggunakan Google Drive


Selama ini Google menyediakan situs Google Code sebagai tempat peyimpanan file atau kode script khususnya css dan java script. Situs tersebut menjadi idola para pembuat atau blogger yang ingin menyimpan file berformat css dan java script. Sayangnya, sekarang Google Code tidak bisa dipakai bagi pengguna baru sebab tidak ada fitur atau pilihan untuk upload dan download file. Dengan tidak adanya dua fitur tersebut membuat para pengguna barunya tak bisa berbagi kode skrip. Ditambah lagi menurut informasi dari Google bahwa Google Code akan ditutup mulai Januari 2014. Hal itu tentu menjadi berita tidak baik sebab sudah pasti data-data atau file-file khususnya file css dan java script akan ikut terhapus. Bila semua data file tersebut terhapus maka blog atau situs yang menggunakan file css atau java script yang disimpan di Google Code sebelumnya sudah pasti juga mengalami gangguan di mana beberapa elemen atau fitur seperti widget/gadget tidak berfungsi. Benar-benar hal yang tidak diinginkan oleh semua pembuat dan pengguna kode skrip.

Dibalik kabar kurang bagus tentang Google Code yang sudah tidak bisa digunakan oleh para pengguna baru dan akan dihapus tahun depan, ternyata ada kabar baik di mana Google membuat situs baru bernama Google Drive. Situs ini dibuat untuk menggantikan peran Google Code tapi dengan fungsi yang lebih lengkap. Kelebihan Google Drive dari Google Code antara lain adalah kapasitas 15 GB untuk menyimpan data, bisa menyimpan berbagai jenis file seperti MP3, dokumen, dan sudah pasti kode skrip baik CSS, HTML, dan Java Script, dan lain-lain. Oleh sebab itu, sudah saatnya para pengguna Google Code memindahkan semua data-data yang tersimpan ke Google Drive. Lalu, bagaimana cara menggunakan Google Drive ini khususnya untuk upload file java script? Jawabannya adalah cara menggunakan Google Drive sangat mudah dan berikut ini petunjuk penggunaannya:

Langkah-Langkah Menggunakan Google Drive

Pertama, silakan kunjungi situs resmi Google Drive dengan url-nya: www.googledrive.com.

Kedua, silakan masukkan alamat email dari Google (Gmail) beserta passwordnya seperti contoh gambar di bawah ini:



Ketiga, saat sudah ada di halaman utama Google Drive, silakan cari tombol atau lambang upload berupa tanda panah ke atas. Klik tombol upload tersebut dan klik tulisan File. Lihat contoh gambar berikut ini:

Cara Upload File di Google Drive

Keempat, silakan cari file yang akan diupload/diunggah misalnya file java script maka carilah file dengan format .js. Bila sudah menemukan file java script yang ingin diupload, silakan klik tombol Open. Sebagai contoh bisa dilihat pada gambar berikut ini:

Pilih File yang Ingin Diupload

Kelima, tunggulah sampai file berhasil diupload ke Google Drive dan bila sudah selesai silakan klik tulisan Berbagi atau Sharing. Perhatikan contoh gambar di bawah ini:


Keenam, akan muncul jendela pop up yang berisi link file yang sudah berhasil diupload dan pengaturan cara berbagi. Silakan copy paste link yang muncul misalnya link file tersebut https://docs.google.com/file/d/0ByzMCaOSV5-2dUNJTHQ3Wl8taEU/edit?usp=sharing maka yang harus dicopy paste adalah 0ByzMCaOSV5-2dUNJTHQ3Wl8taEU dan simpan di notepad komputer Anda. Setelah itu, agar file tersebut bisa dipakai untuk blog atau situs atau dibagikan kepada orang lain, silakan klik tulisan Ubah atau Change. Untuk lebih jelas bisa melihat contoh gambar berikut ini:


Link Java Script dan Pengaturan Privasi

Ketujuh, setelah mengklik tulisan Ubah/Change maka akan muncul lagi jendela pop up baru berisi pilihan pengaturan visibilitas file. Silakan pilih atau klik tulisan Publik di Web di bawah tulisan Opsi Visibilitas dan klik Simpan. Lihat contoh gambar di bawah ini:

Pilih Publik di Web

Kedelapan, bila sudah selesai mengubah setelan berbagi, silakan klik tombol Selesai atau Done dan contoh gambar tombol Selesai itu bisa dilihat kembali pada langkah ketujuh.

Kesembilan atau terakhir, silakan buka kembali notepad tempat menyimpan link file yang sudah Anda  upload di Google Drive. Lalu, tambahkan link seperti ini : https://googledrive.com/host/ di depan link file yang Anda simpan itu sehingga menjadi https://googledrive.com/host/0ByzMCaOSV5-2dUNJTHQ3Wl8taEU. Untuk memakainya di blog atau situs Anda harus menambahkan kode pemanggil java skrip berikut ini:
<script type="text/javascript" src=""></script>
dan agar berfungsi dengan baik di blog atau situs Anda, silakan masukkan link java script yang sudah ada di bagian scr=" " sehingga menjadi seperti berikut ini:
<script type="text/javascript" src="https://googledrive.com/host/0ByzMCaOSV5-2dUNJTHQ3Wl8taEU"></script>

Bila Anda melakukan cara tersebut di atas dengan teliti dan tepat, hasilnya akan sesuai keinginan Anda alias berfungsi sebagamana mestinya. Nah, demikian cara mudah menggunakan Google Drive dan semoga Anda bisa menggunakannya dengan baik dan benar. Terima kasih untuk Anda yang sudah membaca artikel ini. 

7 komentar

Wah saya ijin pelajari ah sob...! Soalnya saya belum paham betul...
http://beritaislam.mywapblog.com

keren nih tutorialnya gan, sudah loama sebenarnya kenal dengan layanan ini cuma sampai sekarang belum pernah menggunakannya, cuma sekali sih itu saja karena dipaksa google gara-gara mau kirim email filenya kegedean

salam... GD memang salah satu fitur terbaik dari google ya sob
terima kasih sdh berbagi dengan kami semua

Google Drive memang disediakan khusus untuk menyimpan file besar makanya namanya kata drive, mas bro. Semoga lancar saja urusannya.

Harus kita akui kebanyakan produk Google berkualitas nomor 1 karena perusahaan ini salah satu perusahaan terbaik di Amerika bahkan dunia.

Sorry sob...
sebetulnya saya baca dari beberapa sumber tentang tutorial diatas.
trus saya coba,setelah berhasil baru saya buat postingnya.
mungkin ada kesamaan dalam menulis,dan saya akui saya pernah membaca posting anda ini.
tapi tidak mentah2 saya copy dari posting anda ini.


oke mungkin ini hal biasa dalam dunia blogging,tapi karena anda keberatan...saya pun meletakkan link posting ini diposting saya sebagai sumbaer dan backlink.

jika ada salah silap kata dan yg lain2 nya,mohon maaf.
mungkin ini jalan yang tuhan beri untuk mempertemukan kita di disini.

salam blogger,salam silahturrahmi.

7 Komentar untuk "Cara Mudah Menggunakan Google Drive"

Aturan Berkomentar di Blog Ini:

1. Gunakan anonim bila tidak punya akun Google atau blog dan tidak ingin diketahui orang siapa Anda.

2. Gunakan akun Google atau nama dan url blog atau open id jika ingin mendapatkan kunjungan balik.

Back To Top