Perbedaan Antara Orang Amerika dan Orang Eropa dalam Berbagai Hal ~ Download Tips Trik Gratis : Oke Reload™

Perbedaan Antara Orang Amerika dan Orang Eropa dalam Berbagai Hal

Download Film, Game PC, Lagu MP3 Indonesia dan Malaysia Jadul dan Terbaru , Software Full Version, Tips dan Trik Gratis

Perbedaan Antara Orang Amerika dan Orang Eropa dalam Berbagai Hal

Amerika VS Eropa™

Perbedaan Antara Orang Amerika dan Orang Eropa dalam Berbagai Hal


Pada dasarnya Amerika dan Eropa memiliki kesamaan dalam segala sendi kehidupan. Contohnya antara lain adalah Amerika dan Eropa dikategorikan sebagai negara maju yang ditandai dengan banyaknya gedung bertingkat dan pertumbuhan pesat pada sektor industri serta kemajuan segala bidang dan mayoritas warga negara Amerika berkulit putih serta orang Amerika dan Eropa disebut juga sebagai orang Barat. Selain itu, Amerika dan Eropa memiliki julukan masing-masing di mana Amerika dijuluki sebagai negara Adi Daya atau Adi Kuasa (Super Power) dan Eropa dijuluki sebagai benua Biru. Negara Adi Daya atau Adi Kuasa maksudnya adalah negara maju dalam bidang ekonomi, teknologi, dan militer yang tiada tandingannya di dunia, sedangkan benua Biru maksudnya adalah benua yang dihuni oleh kaum bangsawan atau orang-orang kaya/konglomerat atau terpelajar/jenius.

Selain memiliki persamaan, ternyata Amerika dan Eropa juga memiliki berbagai macam perbedaan yang cukup mencolok jika kita cermati dengan baik. Berikut ini beberapa perbedaan di antara keduanya:

1. Pemerintahan
Amerika Serikat adalah sebuah negara berbentuk Republik Federal yang menerapkan sistem pemerintahan presidensiil. Pemerintahan federal mempunyai tiga cabang, yaitu: eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Melalui sebuah sistem pemisahan kekuasaan atau “checks and balances,” masing-masing cabang memiliki beberapa otoritas untuk bertindak sendiri, beberapa otoritas mengatur dua cabang lainnya, dan memiliki beberapa otoritas sendiri, pada gilirannya, diatur oleh cabang lainnya. Di samping itu, kekuasaan pemerintah federal secara keseluruhan dibatasi oleh Konstitusi, yang meninggalkan banyak kewenangan kepada masing-masing negara bagian. Pemerintah federal berpusat di distrik federal di Washington, DC dan sering disebut sebagai “Washington”.

Sementara itu, di Eropa menggunakan sistem parlemen, yaitu: Parlemen Eropa (Europarl atau EP) adalah badan parlemen yang dipilih langsung dari Uni Eropa (UE). Bersama dengan Dewan Uni Eropa (Dewan), membentuk cabang legislatif bikameral (yang terdiri dari dua dewan) lembaga Uni dan sebagai salah satu dari lembaga legislatif yang paling kuat di dunia. Parlemen dan Dewan membentuk lembaga legislatif tertinggi dalam Perhimpunan. Akan tetapi kewenangan mereka tersebut hanya terbatas pada kompetensi yang diberikan oleh Masyarakat Eropa. Karena itu lembaga ini memiliki sedikit kontrol atas kebijakan yang diselenggarakan oleh negara dan dalam dua lainnya dari tiga pilar Uni Eropa. Parlemen ini terdiri dari 785 anggota parlemen (Anggota Parlemen Eropa) yang mengabdi pada pemilih demokratis kedua terbesar di dunia (setelah India) dan pemilih trans-nasional terbesar demokratis di dunia (492 juta).

2. Mata uang
Mata uang resmi yang digunakan di Amerika adalah dollar AS ($) dan juga digunakan secara luas di seluruh dunia. Dollar AS ($) juga digunakan sebagai kurs terhadap mata uang lain. Bentuk fisik mata uang Amerika berupa koin dan kertas, sedangkan di Eropa memakai mata uang Euro bagi negara-negara anggota Uni Eropa. Euro dianggap lebih universal untuk anggota negara Uni Eropa, kecuali Inggris. Inggris dibebaskan untuk tetap menggunakan Poundsterling. Euro sangat memudahkan bagi wisatawan yang berlibur di Eropa.

3. Bahasa
Amerika memiliki satu bahasa resmi sebagai bahasa nasional dan alat berkomunikasi, yaitu: bahasa Inggris. Sementara itu, Eropa memiliki lebih dari satu bahasa dari berbagai bangsa yang termasuk dalam benua Eropa. Akibatnya adalah kebanyakan orang Eropa akan mempelajari paling kurang satu bahasa lain di sekolah, kecuali di Inggris. Bahasa Inggris kebanyakan digunakan di kota besar dan pada beberapa kasus sebagian orang seperti di Belanda, Inggris di Eropa dapat lebih baik daripada orang Inggris di Inggris.

4. Keseharian
Pada hakikatnya antara orang Amerika dan Eropa ada kesamaan dalam jalur mengemudi. Akan tetapi, ada perbedaan dalam aturan lalu lintas. Di Amerika mobil diperbolehkan menyalakan lampu merah, sebagian besar tanda-tanda dan marka jalan menggunakan simbol-simbol internasional yang sama. Sementara itu, di Eropa zebra cross ada tiger crossing (garis kuning dan hitam di jalan) yang memperbolehkan pengendara sepeda untuk menyeberang tanpa turun dari sepeda. Perbedaan yang mencolok dalam keseharian adalah soket listrik di Inggris berbeda dari Eropa. Dan Eropa berbeda dengan Amerika. Colokan listrik di Eropa umumnya memiliki dua pin melingkar untuk memasukan ke soket, sedangkan di Inggris terdapat tiga pin persegi panjang tebal misalnya colokan charger laptop. Selain itu, mematikan lampu di Eropa berlawanan arah dengan Amerika.

5. Masakan
Masakan khas Amerika dan Eropa sangat terkenal ke seluruh dunia seperti Pizza dan Fried Chicken atau Hamburger. Akan tetapi, ada sedikit perbedaan antara masakan orang Amerika dan orang Eropa. Masakan Amerika sangat populer dengan junk foodnya seperti kentang goreng, hamburger, hotdog, steak dan lain-lain. Sementara itu, di Eropa yang memiliki latar belakang negara dan budaya yang beragam tentu memiliki masakan khas masing-masing negara di mana di Eropa masih mempertimbangkan masakan sehat dalam porsi yang lebih kecil.

6. Minuman
Orang Amerika dikenal sangat gemar akan minuman beralkohol. Bir adalah minuman favorit mereka dan selalu tersedia di setiap rumah bahkan ada ribuan jenis bir produk ekspor dan impor. Setiap negara bagian di Amerika memiliki regulasi mengenai minuman beralkohol ini misalnya di Michigan, Anda tidak diizinkan membeli bir pada hari Minggu setelah pukul 5 sore dan juga tidak boleh setelah pukul 2 pagi. Anda harus berusia 21 tahun untuk dapat menikmati minuman ini meskipun banyak anak usia 16 atau 17 tahun sudah mengkonsumsinya. Sementara itu, orang Eropa hanya minum minuman beralkohol pada saat acara-acara tertentu saja dan tidak setiap saat.

7. Waktu makan dan etiket
Jika kita berkunjung ke negara Eropa mungkin lebih banyak menemukan acara makan sebagai acara keluarga yang dilakukan bersama-sama di meja makan dan mengutamakan etiket saat makan. Akan tetapi, sebaliknya bagi kebanyakan orang Amerika yang terkenal serba cepat, sibuk dan praktis, lebih memilih kenyamanan makan di depan televisi. Warga Amerika lebih suka makan makanan cepat saji dan dapat dengan mudah ditemukan. Berbeda dengan Eropa yang lebih suka menyajikan makanan sendiri. Perbedaan yang lumayan mencolok adalah jumlah supermarket di Eropa lebih sedikit daripada di Amerika sehingga mengharuskan orang-orang Eropa membeli kebutuhan mereka di pasar dan menyimpannya di kulkas. Hal Ini membuat mereka harus memasak makanannya sendiri dariapada membeli.

8. Belanja
Toko-toko di Amerika sangat menjamur. Ada sejumlah toko besar di Amerika yang mendunia seperti Wal-Mart, Target, Meijer, Lowe’s, Home Depot dan lainnya. Di Amerika dapat belanja sambil mengeksplorasi mencari barang dan jasa dengan banyak pilihan. Apa yang kita butuhkan dapat di dapatkan di toko-toko Amerika yang sangat lengkap. Sedangkan di Eropa kita masih dapat melihat jalanan lebih tinggi daripada mall. Supermarket di Eropa termasuk jarang, meskipun mulai terjadi perubahan di beberapa negara. Di Eropa jika Anda memerlukan beberapa barang yang berbeda maka Anda harus pergi ke banyak toko tidak hanya satu toko.

9. Olahraga
Di Amerika akhir pekan adalah saat yang tepat untuk menonton tim olahraga favorit bersama keluarga atau teman. Amerika memiliki lima olahraga favorit yaitu basket, baseball, american football, hoki dan balap mobil. Orang Amerika akan menyiapkan cemilan, mengincar kursi favorit, dan berteriak-teriak di depan televisi mendukung tim favorit mereka. Akan tetapi, di Eropa ada empat olahraga yang populer, yaitu: sepakbola, cricket, rugby dan tenis. Sepakbola adalah olahraga paling populer di daratan Eropa. Bintang-bintang sepakbola terkenal banyak bertabur di Eropa dan biasanya klub-klub terkenal memiliki pendukung yang sangat fanatik.

10. Biaya kesehatan
Biaya kesehatan seperti rumah sakit, kelahiran, dan lain-lsin termasuk fasilitas umum yang disediakan pemerintah baik di Amerika maupun Eropa lebih murah jika dibandingkan dengan negara dunia ketiga atau negara berkembang seperti kebanyakan negara Asia dan Afrika bahkan beberapa ada yang gratis. Biaya kesehatan di Amerika dan Eropa sejatinya adalah tidak gratis tetapi hanya dibayar dengan cara yang berbeda. Di Amerika biaya kesehatan dibayar melalui premi sehingga tidak mengherankan jika asuransi di Amerika sangat populer. Sementara itu, di Eropa biaya kesehatan didanai melalui pajak dan pajak di Eropa sangat tinggi. Akan tetapi, alokasinya cukup efektif sehingga rakyat masih bisa merasakan hasil dari pajak mereka.


Belum Ada Komentar untuk "Perbedaan Antara Orang Amerika dan Orang Eropa dalam Berbagai Hal"

Aturan Berkomentar di Blog Ini:

1. Gunakan anonim bila tidak punya akun Google atau blog dan tidak ingin diketahui orang siapa Anda.

2. Gunakan akun Google atau nama dan url blog atau open id jika ingin mendapatkan kunjungan balik.

Back To Top