Pengertian dan Manfaat Energi dalam Kehidupan Manusia Sehari-Hari ~ Download Tips Trik Gratis : Oke Reload™

Pengertian dan Manfaat Energi dalam Kehidupan Manusia Sehari-Hari

Download Gratis, Info Unik, Tutorial Blog, Tips dan Trik Internet

Pengertian dan Manfaat Energi dalam Kehidupan Manusia Sehari-Hari

Pengertian dan Manfaat Energi dalam Kehidupan Sehari-Hari - Semua kegiatan yang dilakukan oleh makhluk hidup termasuk manusia dalam kehidupan sehari-hari pasti memerlukan energi, baik besar maupun kecil sehingga energi dianggap sebagai salah satu dari faktor penting untuk menunjang kehidupan di alam semesta. Lalu, sebenarnya apa pengertian dari energi itu ? Apa juga manfaat energi bagi kehidupan manusia ? Silakan simak artikel penjelasan materi tentang energi secara lengkap berikut ini.

A. Pengertian Energi


Secara umum pengertian energi adalah kemampuan/kekuatan/tenaga atau power yang terdapat pada suatu benda, baik benda hidup maupun benda mati. Sedangkan pengertian energi menurut para ahli Fisika adalah perkalian antara massa dan kuadrat kecepatan cahaya. Ini merupakan pendapat dari Albert Einstein. Sementara itu, menurut Robert L. Wolke bahwa yang dimaksud dengan energi adalah kemampuan untuk membuat sesuatu terjadi. Fungsi energi adalah untuk melakukan suatu pekerjaan atau aktivitas. Selain itu, energi tidak bisa diciptakan tetapi juga tidak bisa dimusnahkan dan juga bisa berubah bentuk dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Oleh sebab itu, energi bersifat kekal. Hal ini merupakan bunyi dari hukum kekekalan energi yang disebut dengan hukum termodinamika. Energi memiliki sifat menempati ruang dan dimiliki oleh setiap benda bermassa.

Pengertian Energi dan Manfaat Energi bagi Kehidupan Manusia Sehari-Hari
Manfaat Energi bagi Manusia dalam Kehidupan Sehari-Hari

B. Jenis-Jenis/Macam-Macam Energi


Ada begitu banyak macam-macam energi di dunia ini. Nah, ditinjau dari segi fungsi energi terbagi menjadi beberapa jenis atau macam, yaitu sebagai berikut :

  • Energi panas 

Contoh energi panas adalah api.
  • Energi cahaya

Contoh energi cahaya adalah sinar matahari dan lampu.
  • Energi gerak

Contoh energi gerak adalah angin.
  • Energi listrik

Contoh energi listrik adalah TV dan radio.
  • Energi kimia

Contoh energi kimia adalah makanan dan bahan bakar.
  • Energi nuklir

Contoh energi nuklir adalah uranium.

Jika dilihat berdasarkan sumber energi, ada dua macam energi, yaitu sebagai berikut:

  • Energi Baru dan Terbarukan

Energi alternatif yang yang tidak terbatas atau sangat banyak besar jumlahnya dan bisa menggantikan fungsi energi tak terbarukan di mana dapat diperbarukan atau diolah dalam waktu yang lebih singkat. Contoh energi baru dan terbarukan antara lain : air, angin, matahari, dan uranium.

Manfaat Energi Air bagi Manusia
Energi Terbarukan

  • Energi Tak Terbarukan 

Energi yang terbatas atau sangat sedikit jumlahnya dan bisa habis jika dipakai terus-menerus serta tidak bisa diolah dalam waktu singkat. Contoh energi tak terbarukan antara lain : batu bara, minyak, gas bumi, emas, timah, nikel, dan bauksit.

Manfaat Energi Batu Bara bagi Manusia
Energi Tak Terbarukan

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail tentang macam-macam energi dan contoh-contoh energi, silakan lihat materi pelajaran ini :  Macam-Macam Energi dan Contoh-Contoh Energi

C. Manfaat Energi bagi Manusia dalam Kehidupan Sehari-Hari


Energi memiliki peran yang sangat penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya sebab energi memberikan banyak manfaat bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari di mana energi membantu kita melakukan segala sesuatu. Berikut ini beberapa contoh manfaat atau kegunaan energi bagi kehidupan manusia sehari-hari. 

  • Manfaat Energi Panas


Manfaat Energi Panas
Energi Panas

Kita bisa menggunakan kompor yang menghasilkan energi panas untuk membantu kita memasak makanan dan minuman. Selain kompor, ada juga matahari sebagai sumber energi panas di dunia dan manfaat matahari sebagai energi panas antara lain adalah mengeringkan pakaian basah dan sumber energi alternatif ramah lingkungan misalnya kompor tenaga surya.

  • Manfaat Energi Gerak


Manfaat Energi Gerak
Energi Gerak

Manfaat energi gerak bagi manusia misalnya angin atara lain adalah mendorong kapal layar para nelayan ketika berangkat dan pulang melaut, menggerakkan kincir angin, mempercepat proses pengeringan pakaian, dan membantu proses penyerbukan pada tumbuhan. 

  • Manfaat Energi Kimia


Manfaat Energi Kimia
Energi Kimia

Apa yang kita makan setiap hari memberikan kita energi kimia sehingga kita bisa beraktivitas dan mobil bisa bergerak karena ada energi panas dari proses pembakaran bensin. 

  • Manfaat Energi Cahaya


Manfaat Energi Cahaya
Energi Cahaya

Matahari merupakan sumber utama energi cahaya di alam semesta yang sangat penting bagi kehidupan semua makhluk hidup. Manfaat matahari sebagai energi cahaya antara lain adalah menerangi seluruh dunia, membantu tanaman untuk tumbuh dan berkembang serta mencerahkan kulit manusia.

  • Manfaat Energi Listrik


Manfaat Energi Listrik
Energi Listrik

Manfaat energi listrik bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari adalah membuat kita bisa mendengarkan radio, melihat TV, menghidupkan AC, kipas angin, dan lain-lain. Untuk mengetahui lebih jelas apa saja manfaat energi listrik bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari, silakan baca atikel ini : Manfaat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari

  • Manfaat Energi Nuklir


Manfaat Energi Nuklir
Energi Nuklir

Dewasa ini pemanfaatan energi khususnya energi nuklir sebagai energi alternatif tidak terbatas di negara maju benua Amerika dan Eropa serta Asia berkembang sangat pesat dan membawa dampak positif yang sangat besar. Bahkan, kehadiran energi nuklir tersebut mampu menggantikan fungsi energi yang selama ini diandalkan seperti batu bara. Salah satu manfaat energi nuklir adalah bisa dijadikan sebagai bahan bakar pembangkit listrik menggantikan batu bara yang dianggap tidak akan bertahan lama lagi. Anda bisa membaca uraian lebih lengkap tentang manfaat energi nuklir terhadap manusia pada artikel berikut ini : Manfaat Energi Nuklir bagi Manusia

Kesimpulan :


Dengan membaca artikel tentang energi di atas diharapkan kita memahami dan menyadari betapa pentingnya peranan energi bagi manusia dan juga bagi keberlangsungan hidup di muka bumi ini supaya kita tidak menggunakan energi untuk hal-hal yang tidak berguna atau hanya sia-sia belaka. Dengan kata lain, kita harus menghemat penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari demi masa depan anak dan cucu kita sebab energi yang bersifat sementara seperti energi tidak terbarukan bisa habis jika kita gunakan terus-menerus.

Sekian tulisan dari saya mengenai Pengertian dan Manfaat Energi bagi Kehidupan Manusia Sehari-Hari yang bisa saya uraikan pada pembahasan kali ini. Mudah-mudahan ini bisa membantu Anda yang sedang mencari tambahan wawasan pengetahuan.
9 komentar

Terima kasih telah meyediakan artikel tentang pengertian energi dan fungsi energi sehingga saya bisa mengetahui manfaat energi bagi kehidupan manusia. Tolong tambah lagi artikel pelajaran Fisikanya, ya kak.

Terima kasih telah meyediakan informasi tentang manfaat energi sehingga saya bisa mengerjakan PR.

Kok, dibilang pelit?

Kepada semuanya yang merasa kesulitan menyimpan artikel di atas, silakan sediakan email atau alamat Facebook masing-masing biar nanti saya kirimkan file seperti artikel di atas.

Om, bisakah minta artikel tentang pengertian dan manfaat energi ini ? Sebab saya perlu sekali buat mengerjakan PR sekolah saya. Jangan pelit, om ! Nanti, enggak dapat pacar cantik.

Woi....kampret ! Minta dong artikel ini.

Fisika itu Menyenangkan delete 27 Oktober 2015 pukul 21.12

Kayaknya artikel ini sangat bagus kalau dibuat bahan makalah konsep penggunaan energi tepat guna dalam kehidupan sehari-hari. Hehehehe ! :)

9 Komentar untuk "Pengertian dan Manfaat Energi dalam Kehidupan Manusia Sehari-Hari"

Aturan Berkomentar di Blog Ini:

1. Gunakan anonim bila tidak punya akun Google atau blog dan tidak ingin diketahui orang siapa Anda.

2. Gunakan akun Google atau nama dan url blog atau open id jika ingin mendapatkan kunjungan balik.

Back To Top