Energi Nuklir dan Manfaat Radiasi Nuklir bagi Manusia ~ Download Tips Trik Gratis : Oke Reload™

Energi Nuklir dan Manfaat Radiasi Nuklir bagi Manusia

Download Film, Game PC, Lagu MP3 Indonesia dan Malaysia Jadul dan Terbaru , Software Full Version, Tips dan Trik Gratis

Energi Nuklir dan Manfaat Radiasi Nuklir bagi Manusia

Pengertian Energi Nuklir - Energi Nuklir adalah energi yang dihasilkan oleh proses reaksi nuklir antara inti atom unsur radioaktif (uranium dan plutonium) dan partikel neutron. Reaksi nuklir itu akan menghasilkan panas dan radiasi.
Manfaat Energi Nuklir bagi Manusia


Manfaat Radiasi Nuklir bagi Manusia

Selama ini kebanyakan orang beranggapan bahwa energi nuklir sangat berbahaya bagi kehidupan manusia di bumi. Hal itu ada benarnya dan dapat dibuktikan dengan berbagai fakta nyata seperti pada peristiwa penghancuran kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang pada tanggal 6 dan 9 Agustus tahun 1945 dengan bom atom oleh tentara sekutu pimpinan Amerika Serikat atau peristiwa kebocoran PLTN Chernobyl di Uni Soviet pada tanggal 25 April 1986 yang menimbulkan radiasi sangat mematikan bagi makhluk hidup. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa radiasi nuklir juga memiliki manfaat bagi manusia? Nah, berikut ini paparan singkat tentang manfaat radiasi nuklir dalam berbagai bidang:

1. Bidang Hidrologi

Dalam bidang ini radiasi nuklir dimanfaatkan untuk mengukur volume air di dalam waduk, mengukur pendangkalan dasar laut, dan mengetahui kebocoran pada suatu bendungan.

2. Bidang Industri

Dalam bidang ini manfaat radiasi nuklir dapat berupa:
  • Analisis Unsur : menganalisis komposisi kualitas dan kuantitas material dengan tingkat keakuratan yang tinggi dan tidak merusak produk yang dianalisis. Contohnya: Sinar-X Fluoresensi (XRF).
  • Gauging : pengukuran jumlah secara cepat dan tepat. Contoh: mengukur isi kaleng minuman, mengukur kandungan air dan densitas tanah dan batuan, dan mengukur ketebalan kaca.
  • Logging : mengetahui sifat-sifat batuan di dalam lapisan kulit bumi.
  • Radiografi : pemanfaatan sinar gamma/sinar-X untuk mengetahui struktur suatu benda padat seperti logam dan beton.

3. Bidang Kesehatan

Dalam bidang ini radiasi nuklir digunakan untuk diagnosis dan terapi suatu penyakit. Contoh: diagnosis anatomi, morfologi, dan fungsi organ tubuh, sedangkan contoh terapi adalah terapi penyakit kanker.

4. Bidang Pangan

Energi nuklir juga dimanfaatkan dalam bidang pangan untuk mengetahui zat hara. Radiasi nuklir ini diharapkan bisa memperbaiki sifat tanaman seperti meningkatkan produktivitas, tahan terhadap hama, dan menghasilkan bibit tanaman unggul. (Sumber: Buku Fisika dengan sedikit pengubahan gaya bahasa)
5 komentar

Membaca ini seperti sedang membaca catatan fisika siswa ku, hehehe.. Pastinya sangat bermanfaat, bukan hanya bagi pelajar dan yang butuh refrensi ini, tapi dapat menambah wawasan buat saya yang sudah lama tidak belajar ginian :)

Berarti Anda seorang guru? Wah, beruntung sekali menjadi seorang guru apalagi jika sudah menjadi guru PNS. Terima kasih atas kunjungan balik Anda ke blog aneh saya ini.

ikut nyimak aja Huhui !Huhui !Huhui !

Huhui juga. Terima kasih sudah mau berkunjung ke blog gado-gado ini.

selain bermanfaat, juga menyimpan bahaya yang sangat besar gan

5 Komentar untuk "Energi Nuklir dan Manfaat Radiasi Nuklir bagi Manusia"

Aturan Berkomentar di Blog Ini:

1. Gunakan anonim bila tidak punya akun Google atau blog dan tidak ingin diketahui orang siapa Anda.

2. Gunakan akun Google atau nama dan url blog atau open id jika ingin mendapatkan kunjungan balik.

Back To Top