Manfaat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari ~ Download Tips Trik Gratis : Oke Reload™

Manfaat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari

Download Film, Game PC, Lagu MP3 Indonesia dan Malaysia Jadul dan Terbaru , Software Full Version, Tips dan Trik Gratis

Manfaat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari - Kita tidak bisa membantah bahwa sekarang ini kegiatan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari banyak didukung oleh energi listrik. Oleh sebab itu, saat listrik mati akan membuat aktivitas manusia menjadi terganggu dan bahkan terhenti. Lalu, timbul pertanyaan apa listrik itu dan apa juga yang dimaksud dengan energi listrik ? Listrik adalah aliran muatan listrik. Jadi, energi listrik adalah energi yang menghasilkan muatan listrik. Listrik dihasilkan oleh perubahan sumber energi tidak terbarukan misalnya fosil atau energi baru dan terbarukan menjadi energi listrik.

Manfaat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari


Listrik merupakan salah satu energi pokok penunjang kehidupan manusia saat ini sehingga sulit bagi manusia hidup khususnya manusia yang tinggal di kota tanpa ada energi listrik. Dengan kata lain, listrik memiliki banyak manfaat bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja manfaat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari ? Berikut ini contoh-contoh manfaat energi listrik untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari :

1. Listrik digunakan untuk penerangan.


Dengan adanya listrik, kita tidak lagi mengalami kegelapan pada malam hari sebab listrik bisa dimanfaatkan untuk menerangi tempat yang gelap dengan menggunakan lampu bertenaga listrik. Tentu saja lampu listrik ini lebih hemat dan lebih tahan lama serta lebih terang daripada lampu yang tidak memakai energi listrik seperti lampu minyak tanah dan lilin.

2. Listrik dimanfaatkan untuk menghidupkan alat-alat elektronik.


Hampir semua barang yang digunakan oleh manusia pada kehidupan sehari-hari memakai energi listrik untuk menghidupkannya dan barang-barang tersebut disebut juga sebagai barang-barang atau alat-alat elektronik. Contoh-contoh barang elektronik antara lain : AC dan kipas angin untuk mendinginkan ruangan, setrika untuk merapikan pakaian, kompor listrik untuk memasak makanan, TV untuk menonton hiburan, radio untuk mendengarkan musik, dan kulkas untuk menyimpan dan mengawetkan makanan dan minuman.

3. Listrik dipakai untuk menunjang kerja manusia.


Pada awalnya energi listrik identik dengan lampu listrik di mana berfungsi untuk menggantikan penggunaan lampu obor atau lampu dengan bahan bakar minyak tanah yang dinilai boros dan kurang aman. Namun, seiring dengan waktu kegunaan listrik semakin berkembang pesat. Sekarang listrik juga digunakan untuk meningkatkan kinerja dan memudahkan perkerjaan manusia. Contoh : robot atau mesin listrik difungsikan sebagai pengganti peran manusia di mana hal itu terbukti lebih murah biayanya dan hasilnya lebih banyak serta lebih cepat selesai dibandingkan dengan hanya menggunakan tenaga manusia. 

4. Listrik digunakan dalam bidang kesehatan.


Menurut para peneliti bahwa energi listrik dalam batas pemakaian yang tepat bisa membantu menyembukan suatu penyakit seperti rematik. Contoh : tukang pijat menggunakan alat akupuntur yang beraliran listrik untuk melancarkan sirkulasi darah orang yang dipijat. Selain itu, para dokter menggunakan alat-alat bertenaga listrik untuk mengobati pasien di rumah sakit.

5. Listrik dipakai untuk memudahkan transaksi jual beli.


Dulu transaksi jual beli dilakukan secara manual di mana penjual dan pembeli bertemu langsung untuk melakukan transaksi barang dengan uang. Hal itu memerlukan biaya yang mahal jika jarak antara penjual dan pembeli tersebut berjauhan. Oleh sebab itu, muncullah ide untuk mempermudah atau mengatasi permasalahan tersebut, yaitu : dengan cara transaksi online melalui internet yang bersumber dari energi listrik. Contoh : bank memiliki ATM untuk melakukan aktivitas transaksi online.

Demikian postingan tentang Manfaat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari yang bisa saya sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga menambah wawasan kita semua.
Belum Ada Komentar untuk "Manfaat Energi Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Aturan Berkomentar di Blog Ini:

1. Gunakan anonim bila tidak punya akun Google atau blog dan tidak ingin diketahui orang siapa Anda.

2. Gunakan akun Google atau nama dan url blog atau open id jika ingin mendapatkan kunjungan balik.

Back To Top