Arti Warna Lingkaran di Bungkus Obat ~ Download Tips Trik Gratis : Oke Reload™

Arti Warna Lingkaran di Bungkus Obat

Download Film, Game PC, Lagu MP3 Indonesia dan Malaysia Jadul dan Terbaru , Software Full Version, Tips dan Trik Gratis

Arti Warna Lingkaran di Bungkus Obat

*** Lingkaran Berwarna Merah***

Arti Warna Lingkaran di Bungkus Obat



Arti Warna Lingkaran di Bungkus Obat - Setiap orang pasti penah merasakan sesuatu yang bernama sakit. Saat sakit seseorang tidak bisa melakukan kegiatan rutin seperti saat sehat. Keadaan seperti itu membuat orang yang sakit ingin segera sembuh. Cara yang biasanya dilakukan oleh orang sakit untuk menyembuhkan penyakitnya adalah meminum obat sesuai dengan penyakit yang dideritanya. Obat tersebut bisa dibeli di toko obat atau didapatkan dari rumah sakit/puskesmas dan dokter.

Dalam dunia medis ada yang disebut dengan obat generik, yaitu: obat yang bisa didapatkan di tempat-tempat selain rumah sakit atau di tempat dokter dan bisa atau boleh diminum tanpa harus konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Contoh: obat sakit kepala, sakit gigi, sariawan, sakit perut, flu, dan lain-lain. Biasanya jenis obat ini dijual bebas di warung atau toko obat. Walaupun boleh diminum tanpa izin dokter tetapi tetap tidak diizinkan meminum obat yang tidak sesuai dengan sakit yang dialami dan dosisnya berlebihan. Selain itu, biasanya di bungkus obat generik selalu ada lingkaran berwarna dengan tiga warna pilihan, yaitu: hijau, biru, dan merah. Ketiga warna lingkaran itu memiliki arti di mana sesuai dengan jenis obatnya. Arti yang tersirat dari warna lingkaran obat generik tersebut masih belum banyak diketahui oleh masyarakat awam. Hal tersebut membuat mereka meminum obat tanpa tahu seberapa amankah obat yang mereka minum itu bagi kesehatan mereka. Nah, berikut ini arti warna lingkaran di bungkus obat.

LINGKARAN BERWARNA
Klik show untuk melihat

Obat-obatan dengan tanda lingkaran hijau mengindikasikan bahwa obat ini dapat dibeli bebas di pasaran. Yang termasuk dalam golongan ini antara lain, vitamin, oralit, pedialit dan sebagainya.

Klik show untuk melihat

Lingkaran biru yang terdapat dalam kemasan obat mengindikasikan bahwa obat ini dijual bebas terbatas. Maksudnya, meski bisa dibeli tanpa resep dokter, tapi aturan pakai dan efek sampingnya harus menjadi perhatian. Penggunaannya pun harus sesuai dengan indikasi yang tertulis pada kemasannya. Yang termasuk dalam golongan lingkaran biru antara lain obat batuk dan obat demam.

Klik show untuk melihat

Lingkaran merah menunjukkan bahwa obat tersebut termasuk golongan obat keras yang harus diresepkan dokter. Yang termasuk dalam golongan ini adalah antibiotik, obat-obat hormonal dan sebagainya.

KANDUNGAN OBAT
Obat batuk yang dijual di pasaran umumnya termasuk golongan lingkaran biru atau dijual bebas terbatas. Biasanya obat batuk dikombinasikan dengan obat pilek meskipun ada juga yang dijual khusus untuk mengatasi batuk saja. Kandungan yang terdapat di dalamnya, antara lain:
  • Bromhexsin berfungsi sebagai pengencer dahak.
  • Dextrometrofan berfungsi sebagai antibatuk.
  • Ambroxsol berfungsi sebagai mukolitik dan sekretolitik atau pengencer dahak. Bila dahak bisa dikeluarkan dari saluran pernapasan, anak akan merasa lega karena napasnya tidak terhambat lagi.
Meski obat batuk ini dengan mudah dibeli di pasaran, tapi mengingat obat ini digolongkan dalam lingkaran biru, sebaiknya orang tua tidak gegabah memberikannya. Saat anak batuk, sebagai langkah pertama sebaiknya mintalah ia untuk minum air hangat banyak-banyak.

Sama halnya dengan batuk, obat-obatan untuk mengatasi pilek biasanya termasuk golongan lingkaran biru atau dijual bebas terbatas. Sebagai wujud kehati-hatian, sebaiknya orang tua memahami zat apa saja yang terkandung dalam obat pilek, yaitu:
  • Decongestan : Fungsinya mengatasi hidung tersumbat. Umumnya untuk obat pilek anak, decongestan yang dicampurkan adalah jenis pseudoefedrin.
  • Antihistamin : Fungsinya untuk mengatasi alergi termasuk bersin-bersin. Antihistamin yang biasa digunakan adalah CTM, defenhidramin, loratadin, dan citirizin.
Demam atau naiknya suhu tubuh anak harus diwaspadai. Apalagi kalau ada riwayat panas demam diikuti kejang. Lantaran itu banyak dokter yang menyarankan orang tua untuk menyediakan obat penurun panas di rumah. Kandungan obat penurun panas adalah:
  • Analgetik biasanya berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit pada sendi dan nyeri. Yang termasuk dalam golongan analgetik adalah aspirin dan ibuprofen.
  • Antipiretik sering digunakan untuk menurunkan panas. Pada umumnya zat yang digunakan adalah paracetamol.
Khusus bagi anak yang mempunyai riwayat kejang, biasanya dokter menyarankan untuk menyediakan stesolit yang di dalamnya terkandung diasepam sebagai zat antikejang. Obat ini harus dibeli dengan resep dokter karena dosisnya disesuaikan dengan kondisi masing-masing anak. 

  • Becarbon : Fungsinya menyerap dan mengeluarkan kembali.
  • Coulin dan Pektin : Fungsinya menyerap.
  • Aktifited Aktapolid : Untuk pengobatan simtomatik, seperti rasa mulas, perih, kembung.
ZAT-ZAT TAMBAHAN LAINNYA
  • Pewarna : biasanya bahan yang digunakan adalah acarmin atau indigo.
  • Perasa : ekstrak rasa buah seperti stroberi, jeruk, vanila, dan lain-lain.
  • Pemanis : bahan yang sering digunakan adalah sakarin, equal, atau gula pasir biasa.
  • Aroma : biasanya berupa menthol, mint, aroma buah, dan lain-lain.
Zat-zat tambahan tersebut aman dikonsumsi sebab dalam proses perizinannya, lembaga-lembaga yang berwenang akan mengawasinya dengan ketat sebelum meloloskannya. Apalagi zat-zat tersebut jumlahnya sangat sedikit alias tidak signifikan.  Selain itu, zat tambahan tersebut tidak boleh mengurangi khasiat dan fungsi utama obat tersebut.

36 komentar

baru tau sya gan, nice
kunjungan balik nya di http://melawiblogger.blogspot.com/2013/12/tour-travel-lengkap-hanya-di-cheria.html

nice post !
kunjungi http://bl4ck-screen.blogspot.com

Terima kasih atas kunjungan saudara semuanya. Blog saudara sekalian sudah saya kunjungi juga.

wah... informasinya sangat bermanfaat gan. hari ini sy dapat pelajaran yang sangat berharga setelah baca postingan ini..

terima kasih gan atas infonya :)

Terima kasih atas kunjungan sobat kesekian kalinya. Tunggu kunjungan balik saya, sobat.

Gan, ada software iso gak ? Software nama obat2an.

Maaf, saya tidak mempunyai software tersebut, sobat. Btw, terima kasih atas kunjungan baliknya.

Saya gak terlalu memerhatikan soal itu kode warna itu ,walau dulunya bingung juga dengan Warna lingkaran di obat ,dan biasanya saya cuma nemu lingkaran berwarna Hijau aja ,jarang menemui bewarna biru dan Merah...

Arti warna lingkaran hijau pada kemasan obat itu tanda bahwa obat itu aman alias bisa diminum tanpa resep dokter dan bisa dibeli bebas di toko obat. Kalau obat dg lingkaran biru apalagi keras itu harus diminum dengan resep dokter dan biasanya hanya terbatas dijual di apotek atau terdapat di tempat dokter dan tidak dijual secara bebas. Terima atas kunjungan sobat ke sini.

baru tau nih :)
nice post :)

Tidak apa-apa baru tahu, mbak. Yang penting sudah tahu. Hehehehe ! Btw, terima kasih kunjungannya ke sini. Salam sukses buat sahabat blogger Indo Detik.

visit back nya ditunggu yah kk blogger

visback... yah.. btw: alexa rank nya mantab juga tuh..

Ya, silakan tunggu kehadiran saya. Saya lagi menyiapkan alat tempur.

Itu hasil kerja keras, sobat makanya bisa begitu ranking Alexanya. Terima kasih atas kunjungannya.

baru tau gan, ane plg sering lihat yg warna ijo gan hwhwhw

> Jgn lpa komen balik y gan <

Ternyata itu ya mas dari masing-masing perbedaan warna pada bungkus obat jadi lebih tahu ini.

Terima kasih atas kunjungannya. Tunggu kunjungan balik saya.

Begitulah, sobat. Semoga kita tidak salah minum obat lagi.

Terima kasih ya infonya..first time tau!!!

tidak pernah perhatikan warna,pokok beli terus diontal,he.Mantap jadi ngerti.

Terima kasih pula kerana adik sudi datang ke mari. Semoga blogger Malaysia berjaya.

Maaf, diontal itu apa artinya? Apakah artinya ditelan? Btw, terima kasih sudah berkunjung ke blog milik blogger pemula seperti saya ini.

wahh saya jadi lebih tau deh :D

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan tunggu kunjungan balik saya sebagai tanda terima kasih.

baru tau nih gan :) hehee makaish udh share

Sama-sama. Semoga apa yang ada di blog ini bisa jadi inspirasi bagi sobat. Salam sukses blogger Indonesia.

Artikel yang bermanfaat gan,,thanks,,

Bermanfaat gan :) hehe.. simple tapi ini kan berhubungan dengan kehidupan sehari - hari kita ketika kita hendak membeli obat :) Thanks gan.. Keep Writing High Quality and Original Content. :)

Salam Blogger [www.caraseoblogger.co]

Ya, semoga informasi di atas bisa menambah wawasan kita semua. Terima kasih atas kunjungan sobat ke blog pemula ini.

Benar sekali kita mesti tahu apa makna tersirat dari tiap warna lingkaran pada bungkus obat agar tidak salah memilih obat. Terima kasih atas kunjungan dan dukungan sobat agar saya bisa menulis artikel berkualitas dan asli. Saya akui sangat sulit bagi saya melakukan itu saat saya sadari saya masih pemula dan belum begitu paham tentang SEO tapi saya terus berusaha meningkatkan kemampuan saya dengan cara salah satunya membaca artikel di blog sobat.

aish, ternyata itu ya gan fungsinya :D, baru tau saya, saya kira cuma pajangan doank :D, terimakasih infonya :D

Ya, begitulah setiap obat pasti diberi tanda pengenalnya agar orang yg meminumnya tidak sembarangan minum obat. Btw, terima kasih atas kunjungan baliknya ke sini.

artikel menarik mas..
nice infonya ya

bermanfaat banget sanak ae

Terima kasih kunjungan semua sahabat blogger Indonesia ke blog yg belum selesai saya edit agar lebih ringan atau SEO friendly. Semoga sahabat semua menjadi blogger yg sukses dan makin sukses.

36 Komentar untuk "Arti Warna Lingkaran di Bungkus Obat"

Aturan Berkomentar di Blog Ini:

1. Gunakan anonim bila tidak punya akun Google atau blog dan tidak ingin diketahui orang siapa Anda.

2. Gunakan akun Google atau nama dan url blog atau open id jika ingin mendapatkan kunjungan balik.

Back To Top