Cara Termudah Memasang Widget Popular Post di Blog ~ Download Tips Trik Gratis : Oke Reload™

Cara Termudah Memasang Widget Popular Post di Blog

Download Gratis, Info Unik, Tutorial Blog, Tips dan Trik Internet

Cara Termudah Memasang Widget Popular Post di Blog

Popular Post

Cara Termudah Memasang Widget Popular Post Bergambar di Blog

Pada suatu blog ada yang dinamakan gadget/widget popular post, yaitu: suatu elemen halaman berupa tulisan atau artikel yang sangat terkenal dan disukai pengunjung pada suatu blog. Fungsinya adalah untuk memberitahukan kepada orang yang berkunjung ke blog tertentu bahwa ada tulisan yang paling banyak dibaca. Oleh sebab itu, gadget/widget popular post sangat penting dimiliki oleh suatu blog karena bisa menjadi daya tarik seseorang untuk membaca tulisan yang diposting.

Gadget atau widget popular post ada dua jenis, yaitu: ada yang hanya berupa tulisan dan ada juga berupa tulisan beserta gambarnya. Untuk membuat dan memasang widget tersebut seseorang harus menguasai ilmu tentang kode script CSS, HTML atau java script tapi bisa juga langsung copy-paste kodenya di forum atau blog yang menyediakan kode-kodenya. Jadi, bisa langsung di pasang di blog kita tanpa susah payah membuat dan mengedit kode-kode tersebut yang panjang dan memusingkan kepala. Sayangnya, terkadang kode-kode script untuk gadget/widget popular post yang kita copy-paste itu tidak berfungsi saat kita pasang di blog kita karena tidak sesuai dengan template blog kita. Jadi, kita harus mencari cara lain yang lebih mudah untuk memasang gadget/widget popular post. 

Mengenai hal itu, kali ini saya mau berbagi cara termudah dan terbukti berhasil untuk memasang gadget/widget popular post dan tentunya ada gambar (thumbnail) juga. Silakan perhatikan dengan seksama  langkah-langkah pemasangannya berikut ini.

Masuk atau login ke akun blog kita masing-masing dengan memasukkan email dan password.
Klik tulisan tata letak dan kemudian klik salah satu tulisan tambahkan gadget di sebelah kanan atau kiri tulisan posting blog seperti pada gambar berikut ini:

Cara Menambahkan Gadget atau Widget di Blog


Nanti akan muncul atau terbuka jendela pop-up tambahkan gadget dan klik tanda + di sebelah kanan tulisan entri populer seperti pada gambar berikut ini:


Akan muncul lagi jendela pop-up baru berisi tulisan pengaturan entri populer atau popular post. Silakan isi atau ganti tulisan Entri Populer pada judul dengan tulisan Popular Post atau tak perlu diganti judulnya juga tidak apa-apa. Kemudian klik Setiap Saat atau pilih sesuai keinginan kita pada tulisan/pilihan Paling Banyak Dikunjungi dan pada tulisan/pilihan Tampilkan centang tulisan thumnail gambar dan hilangkan centang pada tulisan cuplikan jika hanya ingin judul dan gambar posting saja yang muncul. Jangan lupa juga memilih jumlah postingan yang akan muncul pada entri populer atau popular pos nanti. Lalu, klik tulisan atau tombol Simpan. Lihat contoh pada gambar di bawah ini:

Jika sudah selesai melakukan langkah-langkah di atas, silakan periksa apakah gadget atau widget popular post-nya sudah terpasang di blog kita. Jika belum, ada baiknya diperiksa ulang karena siapa tahu masih ada cara yang terlewat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Belum Ada Komentar untuk "Cara Termudah Memasang Widget Popular Post di Blog"

Aturan Berkomentar di Blog Ini:

1. Gunakan anonim bila tidak punya akun Google atau blog dan tidak ingin diketahui orang siapa Anda.

2. Gunakan akun Google atau nama dan url blog atau open id jika ingin mendapatkan kunjungan balik.

Back To Top