Tips Ampuh Agar Akun Gmail Tidak Mudah Dibobol oleh Hacker ~ Download Tips Trik Gratis : Oke Reload™

Tips Ampuh Agar Akun Gmail Tidak Mudah Dibobol oleh Hacker

Download Film, Game PC, Lagu MP3 Indonesia dan Malaysia Jadul dan Terbaru , Software Full Version, Tips dan Trik Gratis

Tips Ampuh Agar Akun Gmail Tidak Mudah Dibobol oleh Hacker

Anti-Hacker ™

Tips Singkat dan Ampuh Agar Akun Gmail Tidak Mudah Dibobol Oleh Hacker

Email adalah surat elektronik yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan penting dan bersifat pribadi atau rahasia baik berupa dokumen, foto, video, dan lain-lain. Karena email bersifat pribadi itulah, pihak pembuat layanan email membuat user name atau nama pengguna dan juga password/kata sandi sebagai tanda pengenal bagi seseorang yang memiliki akun email tertentu dan agar tetap terjaga kerahasiaannya. Selain itu, orang yang hendak atau sudah memiliki akun email harus memiliki kesadaran bahwa akun email yang dimilikinya harus dijaga dengan baik dan benar agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab misalnya saja hacker (penjahat dunia maya yang suka membobol atau mencuri data-data rahasia orang lain).

Ada banyak situs penyedia layanan email gratis dan salah satunya adalah Gmail yang dimiliki oleh perusahaan mesin pencari raksasa dunia, Google. Gmail dikenal dengan kesederhanaan tampilannya, mudah digunakan, dan bebas iklan. Selain itu, Gmail diketahui sebagai salah satu penyedia layanan email gratis yang memiliki pertahanan tangguh alias tidak mudah dibobol oleh hacker. Akan tetapi, walaupun sistem pertahanannya sulit ditembus ada baiknya kita yang membuat email di situ tetap menjaga keamanan akun kita agar tambah aman. Bagaimana caranya agar akun Gmail kita tidak mudah dibobol oleh hacker? Berikut ini ada beberapa tips singkat dan ampuh menjaga keamanan akun Gmail yang sangat disarankan oleh Google:

1. Gunakan Kata Sandi atau Password yang Susah Ditebak.

Kebanyakan orang suka membuat password/kata sandi yang diambil dari tanggal lahir, nama atau alamat rumah, nama hewan peliharaan, nama pacar atau orang tua atau saudara atau nama panggilan diri sendiri atau kata-kata yang mudah diingat dan banyak dipakai oleh orang. Hal tersebut ada baiknya di mana memudahkan seseorang untuk mengingat kata sandi tersebut tetapi ternyata hal tersebut kurang baik karena bisa menjadi  celah bagi orang lain khususnya hacker unutk membobol akun Gmail seseorang. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan kata sandi yang tidak mengandung unsur di atas demi keamanan akun Gmail. Jika tetap ingin menggunakan kata sandi berdasarkan hal-hal tersebut di atas, sebaiknya gunakan gabungan huruh besar dan kecil, nomor, dan simbol misalnya kata sandi diambil dari nama pacar bernama Adinda maka tulislah seperti ini: *<(@D1nDA)>*.  Sulit diingat dan ditebak, bukan?

2. Gunakan Kata Sandi dan Password yang Berbeda-Beda saat Mendaftar Suatu Layanan.

Email menjadi salah satu syarat utama untuk mendaftar suatu layanan seperti jejaring sosial Facebook dan Twitter atau yang lainnya. Bila kita menggunakan Gmail untuk mendaftar ke situs jejaring tersebut, kita disarankan jangan memakai password yang dipakai untuk login/masuk ke akun Gmail kita agar akun Gmail kita tidak ikut dibobol bila akun Facebook atau Twitter kita bisa dibobol oleh hacker. Sayangnya, kebanyakan manusia memakai kata sandi Facebook atau Twitter sama persis dengan kata sandi akun email sehingga saat akun Facebook atau Twitter kebobolan maka akun Gmail juga bisa dibobol. Oleh sebab itu, bila kita terlanjur memakai password Facebook atau Twitter atau layanan lainnya sama dengan password Gmail kita, segeralah ubah password salah satu di antaranya sebelum menjadi korban kejahatan penjahat dunia maya.

3. Simpan Kata Sandi Gmail di Tempat yang Aman.

Salah satu cara yang terbukti ampuh menjaga keamanan akun Gmail adalah menyimpan kata sandi di tempat aman. Kita bisa menyimpannya di dalam dompet dengan menulisnya terlebih dahulu di kertas atau bisa juga disimpan di dalam folder yang terdapat di PC atau HP kita yang tersembunyi tempatnya atau bisa juga disimpan di situs-situs yang khusus menyediakan layanan untuk menyimpan password. Pastikan hanya kita yang tahu tempat menyembunyikan password tersebut.

4. Sediakan Password Recovery Option atau Pilihan Pemulihan Kata Sandi.

Demi menjaga keamanan akun Gmail kita dan memudahkan kita memulihkan atau mengakses akun Gmail saat kita lupa user name/nama pengguna dan password/kata sandi kita, sebaiknya kita mengaktifkan pilihan pemulihan kata sandi dengan memasukkan alamat email lain atau nomor HP kita. Jadi, kita akan dikirimi data-data Gmail kita ke email kita yang lain atau nomor HP kita saat hal yang tidak diinginkan tersebut di atas terjadi pada kita. Dengan begitu, kita akan bisa lagi membuka akun Gmail kita.

5. Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah.

Verifikasi dua langkah di sini maksudnya kita akan masuk ke akun Gmail kita melalui dua tahapan, yaitu: menggunakan user name/nama pengguna/alamat Gmail dan kata sandi kita dan juga kode berupa enam angka yang dikirimkan ke nomor HP yang kita gunakan sebagai nomor verifikasi kepemilikan resmi akun Gmail. Biasanya setelah kita memasukkan kata sandi, Google akan mengirimkan kode angka ke HP kita dan kode itulah yang bisa membuka akun Gmail kita. Setiap kode punya batas waktu berlaku maksimal 15 menit. Jika lewat 15 menit tidak dipakai, kode tersebut tidak akan bisa dipakai untuk login ke akun Gmail dan harus meminta kode baru yang dikirim lewat sms atau panggilan langsung dari Google. Kalau panggilan biasanya berbahasa Inggris sehingga kita harus paham artinya supaya tidak salah paham.

Demikianlah tips singkat dan mudah menjaga keamanan akun Gmail kita dari serangan hacker dan cara ini juga bisa dipakai untuk akun email dengan platform lainnya misalnya Yahoo! atau lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi orang yang membacanya dan bisa dipahami serta diterapkan dengan baik dan benar.
5 komentar

Gmail itu lebih gampang di pam dri pada Yahoo, jdi pengguna Gmail harus lebih waspada.

salam :
http://danforblogg.blogspot.com/

Terima kasih atas kunjungan dan komentar sobat. Dulu saya pernah baca di sebuah situs jika keamanan Yahoo! lebih tangguh daripada Gmail tapi kemudian teman saya yang punya sepupu seorang hacker bilang bahwa Gmail lebih susah untuk ditaklukkan karena Gmail didukung oleh para master IT kelas kakap bahkan hacker/cracker juga ikut menjaganya. Sama halnya blog dengan platform Blogger lebih susah untuk di-deface daripada Wordpress menurut teman Facebook saya yang merupakan salah satu anggota defacer/hacker.

Iya nie. Punyaku abis dibajak.

Nah, oleh sebab itu berhati-hatilah mulai sekarang agar tidak terulang lagi.

5 Komentar untuk "Tips Ampuh Agar Akun Gmail Tidak Mudah Dibobol oleh Hacker"

Aturan Berkomentar di Blog Ini:

1. Gunakan anonim bila tidak punya akun Google atau blog dan tidak ingin diketahui orang siapa Anda.

2. Gunakan akun Google atau nama dan url blog atau open id jika ingin mendapatkan kunjungan balik.

Back To Top