Jenis-Jenis Kerja Sama Internasional ~ Download Tips Trik Gratis : Oke Reload™

Jenis-Jenis Kerja Sama Internasional

Download Film, Game PC, Lagu MP3 Indonesia dan Malaysia Jadul dan Terbaru , Software Full Version, Tips dan Trik Gratis

Jenis-Jenis Kerja Sama Internasional

Jenis-Jenis Kerja Sama Internasional

Jenis-Jenis Kerja Sama Internasional - Setiap negara baik negara maju maupun negara berkembang pasti menjalin dan memerlukan kerja sama dengan negara lain. Kerja sama suatu negara dengan negara lain dalam berbagai bidang disebut juga sebagai kerja sama internasional.

A. Kerja Sama Ekonomi Internasional

Kerja sama internasional lebih dititikberatkan pada sektor ekonomi karena bidang ini mempunyai banyak manfaat bagi suatu negara. Manfaat-manfaat kerja sama ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain antara lain: meningkatkan pendapatan suatu negara, membuka lapangan kerja baru, dan mempercepat proses alih teknologi dari negara maju ke negera berkembang. Kerja sama ekonomi antarnegara ini melahirkan istilah "kerja sama ekonomi internasional".

B. Jenis-Jenis atau Bentuk-Bentuk Kerja Sama Internasional

Apa saja jenis-jenis kerja sama internasional? Jika ditinjau dari segi kerja sama ekonomi, ada tiga jenis kerja sama internasional, yaitu:
  1. Kerja sama bilateral.
  2. Kerja sama sektoral.
  3. Kerja sama multilateral.
Kerja sama bilateral adalah kerja sama antara dua negara dalam bidang perdagangan misalnya kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat, Indonesia dan Malaysia, Indonesia dan Cina, dan seterusnya.

Kerja sama sektoral adalah kerja antara beberapa negara dalam bidang/sektor tertentu. Contohnya: negara-negara pengekspor minyak membentuk suatu wadah kerja sama bernama OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries) yang terdiri dari Aljazair, Arab Saudi, Ekuador, Gabon, Indonesia, Irak, Iran, Kuwait, Libya, Nigeria, Uni Emirat Arab, Qatar, dan Venezuela. Tujuan dibentuknya OPEC adalah mengatur jumlah produksi dan harga minyak dunia.

Kerja sama multilateral adalah kerja sama antara suatu negara dengan banyak negara di dunia. Bentuk-bentuk kerja sama multilateral ada dua macam:
  1. Kerja sama multilateral regional.
  2. Kerja sama multilateral internasional.
Kerja sama multilateral regional adalah kerja sama yang dilakukan oleh beberapa negara dalam suatu kawasan tertentu misalnya kerja sama di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), kerja sama di kawasan Asia Pasifik (APEC), kerja sama di kawasan Eropa dengan nama Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE), dan lain-lain.

Kerja sama multilateral internasional adalah kerja sama yang dilakukan oleh berbagai negara dari seluruh dunia. Dengan kata lain, kerja sama multilateral internasional tidak mewajibkan anggotanya harus berada dalam satu wilayah yang sama. Contohnya: World Trade Organization (WTO), International Labour Organization (ILO), Food and Agricultural Organization (FAO), International Monetary Fund (IMF), dan sebagainya.

Itulah uraian singkat tentang jenis-jenis kerja sama internasional. Semoga informasi di atas ada manfaatnya. Sekian dan terima kasih.
2 komentar

Artikel yang bagus dan kebetulan Semester ini sedang mempelajari Hubungan Internasional dan Kerja sama Internasional ..

Salam Blogwalking

Wah, mahasiswa toh sobat ini. Bagus kalau begitu semoga kuliahnya lancar saja.

2 Komentar untuk "Jenis-Jenis Kerja Sama Internasional"

Aturan Berkomentar di Blog Ini:

1. Gunakan anonim bila tidak punya akun Google atau blog dan tidak ingin diketahui orang siapa Anda.

2. Gunakan akun Google atau nama dan url blog atau open id jika ingin mendapatkan kunjungan balik.

Back To Top