Cara Efektif Mencegah Dampak Negatif Abu Vulkanik ~ Download Tips Trik Gratis : Oke Reload™

Cara Efektif Mencegah Dampak Negatif Abu Vulkanik

Download Film, Game PC, Lagu MP3 Indonesia dan Malaysia Jadul dan Terbaru , Software Full Version, Tips dan Trik Gratis

Cara Efektif Mencegah Dampak Negatif Abu Vulkanik

Cara Efektif Mencegah Dampak Negatif Abu Vulkanik

Cara Efektif Mencegah Dampak Negatif Abu Vulkanik - Gunung Kelud kembali meletus dengan menyemburkan abu vulkanik pada Kamis, tanggal 13 Februari 2014, pkl 22.49 WIB setelah terakhir kali mengalami erupsi pada tahun 2007 dan tahun 1990. Gunung ini terletak di provinsi Jawa Timur tepatnya berada di perbatasan kabupaten Kediri, Malang, dan Blitar termasuk salah satu dari 22 gunung berapi aktif di Indonesia. Meletusnya gunung tersebut menyebabkan dampak negatif bagi ribuan penduduk yang tinggal di sekitarnya. Mereka terpaksa harus mengungsi untuk menghindari bahaya letusan gunung berupa lava panas dan abu vulkanik.

Dampak letusan gunung Kelud kali ini dianggap lebih besar daripada peristiwa serupa pada tahun 1990 jika dilihat dari daya lontar dan daya jangkau abu vulkanik hasil erupsi. Hal itu disampaikan langsung oleh Pusat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi, Sumber Daya Alam, dan Mineral. Lebih lanjut menurut Gede Swantika yang bertugas sebagai Pelaksana Tugas Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api PVMBG bahwa daya lontar abu vulkanik gunung Kelud kali ini lebih tinggi mencapai 17 km dibandingkan tahun 1990 yang hanya 8 km. Sementara itu, jarak jangkauan abu vulkanik saat ini mampu menjangkau wilayah yang sangat jauh seperti Ponorogo dan Mojokerto. Khusus Ponorogo diketahui sudah masuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, abu hasil letusan gunung berapi tersebut juga sampai ke Surabaya yang terletak jauh di sebelah utara gunung Kelud.

Abu yang dihasilkan oleh letusan gunung berapi sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Menurut informasi dari Organiasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa abu gunung berapi bisa merusak paru-paru lebih-lebih bagi penderita asma. Oleh sebab itu, masyarakat disarankan mengurangi aktivitas di luar ruangan untuk menghindari terkena dampak buruk abu vulkanik. Seandainya terpaksa sering keluar rumah, ada baiknya mengikuti tips-tips efektif mencegah pengaruh negatif abu vulkanik berikut ini:

  • Gunakan pakaian yang menutup seluruh tubuh. Tujuannya adalah agar kulit tidak mengalami iritasi akibat terkena abu vulkanik.
  • Gunakan masker basah atau masker khusus abu vulkanik. Tujuannya adalah mencegah abu vulkanik masuk ke dalam saluran pernapasan melalui hidung dan mulut.
  • Pakailah pelindung mata misalnya kaca mata atau sejenisnya. Tujuannya adalah menjaga mata supaya aman dari abu.
  • Jangan berjalan menuju arah datangnya angin. Alasannya adalah menghindari terkena hembusan abu vulkanik karena arah penyebaran abu selalu mengikuti arah angin yang berhembus.
  • Hindari menggosok mata sembarangan. Sebabnya adalah menggosok mata bisa mengakibatkan mata terluka akibat tergores abu vulkanik.
Nah, itulah beberapa cara efektif untuk mencegah akibat negatif dari abu vulkanik yang sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan dunia. Silakan sebarkan informasi ini kepada saudara-saudara kita yang mengalami musibah meletusnya gunung Kelud.
2 komentar

Nice info gan
http://blog-dinosaurs.blogspot.com/2014/02/bmw-m3-challenge.html

Berita bagus apa, mas? Ini berita duka, kok ! Hahahahaha !

2 Komentar untuk "Cara Efektif Mencegah Dampak Negatif Abu Vulkanik"

Aturan Berkomentar di Blog Ini:

1. Gunakan anonim bila tidak punya akun Google atau blog dan tidak ingin diketahui orang siapa Anda.

2. Gunakan akun Google atau nama dan url blog atau open id jika ingin mendapatkan kunjungan balik.

Back To Top