Perbandingan Antara Indonesia dan Malaysia ~ Download Tips Trik Gratis : Oke Reload™

Perbandingan Antara Indonesia dan Malaysia

Download Film, Game PC, Lagu MP3 Indonesia dan Malaysia Jadul dan Terbaru , Software Full Version, Tips dan Trik Gratis

Perbandingan Antara Indonesia dan Malaysia

Perbandingan Kekuatan antara Indonesia dan Malaysia

Perbandingan Antara Indonesia dan Malaysia - Indonesia dan Malaysia adalah dua negara bertetangga yang terletak di kawasan ASEAN atau Asia Tenggara. Jika dilakukan suatu perbandingan antara Indonesia dan Malaysia, ada banyak persamaan antara Indonesia dan Malaysia seperti bahasa, budaya, suku, agama, dan sebagainya. Oleh sebab itulah, Malaysia dan Indonesia disebut juga sebagai negara serumpun.

Di samping memiliki persamaan, Indonesia dan Malaysia juga mempunyai berbagai perbedaan yang mencolok dalam segala hal. Nah, mari kita lihat perbandingan antara Indonesia dan Malaysia dalam berbagai aspek kehidupan.

1. Indonesia

a. Luas Negara

Luas negara Indonesia adalah 1.904.596 km2.

b. Jumlah Penduduk

Menurut data dari pemerintah tahun 2004 bahwa jumlah penduduk Indonesia adalah 218.746.000 jiwa. Sebagian besar penduduk Indonesia tinggal di pulau Jawa, Madura, Bali, Sumatera, dan Sulawesi.

c. Sumber Daya Alam

Indonesia mempunyai banyak sumber daya alam seperti batu bara, minyak bumi, emas, perak, tembaga, gas alam, timah, besi, bauksit, nikel, belerang, mangan, dan platina.

d. Suku

Ada banyak suku yang tinggal di Indonesia dengan berbagai bahasa dan budaya yang berbeda-beda. Suku-suku terkenal di Indonesia antara lain adalah suku Jawa, suku Sunda, suku Madura, suku Bugis, suku Dayak, suku Batak, suku Asmat, dan suku Minang.

e. Bentuk Pemerintahan

Negara Indonesia menganut sistem konstitusi sehingga bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik konstitusional dengan kepala negara bernama presiden.

f. Mata Uang

Mata uang resmi negara Indonesia adalah rupiah dengan lambang Rp atau disebut juga IDR.

g. Kekuatan Militer

Jumlah pasukan militer aktif 438.410, pasukan cadangan 400.000, penduduk yang bisa dijadikan tentara 107.538.660, tank baja 400, kendaraan lapis baja 506, artileri jarak jauh 62, peluncur roket 50, mortir 3.350, senjata antitank 11.000, kendaraan angkut logistik 11.100, kapal perang 150, kapal selam 2, kapal pengangkut pasukan 26, kapal kelas korvet 23, kapal kelas frigat 6, kapal dagang 1.340, kapal patroli 70, pesawat 444, dan helikopter 187.

2. Malaysia

a. Luas Negara

Luas negara Malaysia adalah 329.847 km2.

b. Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk Malaysia sekitar 25.6 juta jiwa.

c. Suku

Ada tiga kelompok suku besar di Malaysia, yaitu: suku Melayu, suku Cina, dan suku India. Selain itu, ada juga suku Dayak dan suku Kadzan.

d. Bentuk Pemerintahan

Bentuk negara Malaysia adalah monarki konstitusional dan sistem pemerintahan Malaysia menganut sistem parlementer seperti Inggris. Pemimpin negara Malaysia disebut Yang Dipertuan Agung, sedangkan pemimpin pemerintahan disebut juga perdana menteri.

e. Mata Uang

Mata uang Malaysia adalah ringgit dan disingkat dengan kode RM atau MYR.

f. Sumber Daya Alam

Malaysia terkenal sebagai negara pembuat/produsen karet dengan kualitas terbaik dan penghasil timah terbesar di dunia. Selain itu, Malaysia juga dikenal sebagai negara penghasil minyak kelapa sawit, minyak bumi, dan gas alam.

g. Kekuatan Militer

Pasukan militer aktif 80.000, pasukan militer cadangan 321.000, penduduk yang bisa dijadikan tentara 12.422.586, tank baja 69, kendaraan lapis baja 1.229, artileri jarak jauh 22, peluncur roket 36, mortir 1.200, senjata anti-tank 329, kendaraan angkut logistik 13.200, kapal perang 55, kapal selam 2, kapal pendarat pasukan 1, kapal kelas korvet 4, kapal kelas frigat 4, kapal patroli 25.

Jika kita perhatikan dari data-data perbandingan antara Indonesia dan Malaysia di atas ada begitu banyak perbedaan yang terlihat. Ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kedua negara serumpun tersebut.
Belum Ada Komentar untuk "Perbandingan Antara Indonesia dan Malaysia"

Aturan Berkomentar di Blog Ini:

1. Gunakan anonim bila tidak punya akun Google atau blog dan tidak ingin diketahui orang siapa Anda.

2. Gunakan akun Google atau nama dan url blog atau open id jika ingin mendapatkan kunjungan balik.

Back To Top